BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Multimedia merupakan suatu sarana
komunikasi yang mempunyai beberapa elemen. Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia
tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh
indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia
sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh
elemen multimedia yang ada dan pemakai diberi kebebasan atau kemampuan untuk
mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut. Manusia memanfaatkan elemen
multimedia tersebut untuk memberikan informasi secara baik dan interaktif dan
mempermudah berkomunikasi.
1.2 Rumusan
Masalah
1.Apa saja elemen-elemen multimedia?
2.Apa fungsi dari elemen-elemen
multimedia?
3.Apa saja contoh yang di hasilkan oleh
elemen-elemen multimedia?
1.3 Tujuan
1.Dapat menjelaskan elemen-elemen
multimedia
2.Dapat menjelaskan fungsi elemen-elemen
multimedia
3.dapat menjelaskan contoh yang di
hasilkan oleh elemen-elemen multimedia
BAB
II
DASAR
TEORI
Definisi Multimedia menurut beberapa
ahli
Rosch,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
McComick,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
Turban
dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar
Robin
dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video
Steinmetz
(1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit
dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas
datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan
grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana
validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan
video.
Vaughan
(2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara,
animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya
atau dengan manipulasi digital.
Manfaat Multimedia
Dengan adanya multimedia maka sebuah
informasi bisa disajikan dalam bentuk yang lebih menarik dan sekaligus dapat
mempermudah pengguna dalam memahami informasi tersebut. Terdapat sebuah
penelitian tentang multimedia yang telah dilakukan oleh Computer Technology
Research, hasilnya adalah seseorang hanya dapat menangkap 20% informasi dari
apa yang dia lihat, dan 30% dari apa yang mereka dengar. Lalu jika informasi
tersebut ditampilkan dalam bentuk multimedia maka seseorang akan menangkap
informasi tersebut sebanyak 50% hingga 80% setelah pada waktu yang sama dia
melihat, mendengar, sekaligus berinteraksi. Berikut ini kami tampilkan manfaat
lain daripada multimedia:
- Dapat meningkatkan aliran gagasan sebuah informasi
- Merupakan salah satu cara yang kaya untuk menyampaikan sesuatu
- Mendorong pengguna untuk terlibat dan mengeksplorasi informasi tersebut
- Menstimulasi seluruh alat indra
- Memudahkan pengguna awam dalam penggunaan
- Dapat menarik pengguna untuk memperlajari lebih jauh tentang informasi yang disampaikan
Elemen-Elemen Multimedia
Multimedia merupakan suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Pada kenyataannya multimedia merupakan gabungan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen dalam pembentukan multimedia. Elemen-elemen dalam multimedia ialah teks, gambar, suara, dan animasi.
Multimedia merupakan suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Pada kenyataannya multimedia merupakan gabungan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen dalam pembentukan multimedia. Elemen-elemen dalam multimedia ialah teks, gambar, suara, dan animasi.
BAB
III
PEMBAHASAN
2.1. Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi,
dan video.
Multimedia
dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content
Production dan Multimedia Communication.
1.Multimedia
Content Production adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media teks/tulisan
- Media audio/suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
2. Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi,
radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan /
mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita,
pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
Dengan
penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan
mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang
disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan olehComputer
Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan
mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar.
Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat
dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi
dengan pada waktu yang sama.
2.2 Elemen Multimedia
Lima Elemen utama multimedia menurut
Vaughan (2011, p1) adalah:
1.Teks
Teks sudah digunakan selamaribuan
tahun oleh manusia untuk berkomunikasi. Tetapi sebuah kata dapat memiliki
banyak arti, sehingga kata-kata yang digunakan haruslah singkat, padat, dan
tepat sehingga pesan dan datadapat disampaikan dengan baik. Teks umumnya
digunakan untuk
merancang judul, menu, dan buttons(Vaughan,
2011, p20).Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh perancang
multimedia dalam menggunakan teks menurut Dastbaz (2003, p56) yaitu:
-Penggunaan fontyang berbeda akan
tampak berbeda di beberapa platform
-Penggunaan tipe fontyang khusus
membutuhkan pengaturan tertentu pada mesin user
-Dibutuhkan keseimbangan yang tepat
antara ukuran teks, warna, dan efek khusus seperti anti-alias, dimana teks akan
secara halus menyatu dengan backgroundnya
2.Suara
Penggunaan suara dalam multimedia
dapat menghasilkan sebuah perbedaan dari presentasi
multimedia yang biasa dengan
presentasi multimedia yang professional. Walaupun begitu, penggunaan suara yang
tidak pada tempatnya dapat merusak presentasi tersebut. (Vaughan, 2011, p104).
Ada dua macam suara yang biasa digunakan di dalam multimedia, yaitu:
‐Digital Audio
Digital audioadalah hasil konversi
dari gelombang suara yang disimpan ke dalam informasi berbentuk bitsatau bytes.
Proses konversi ini disebut digitizing. Kualitas dari hasil digitizingini bergantung
pada seberapa sering sampel yang diambil atau disebut juga sampling ratedan
berapa banyak angka yang digunakan untuk merepresentasikan tiap-tiap sampel,
atau disebut juga dengan bitdepth (Vaughan, 2011, p106).
‐MIDI
MIDI adalah singkatan dari Musical
Instrument Digital Interface, merupakan jenis suara yang paling mudah
diimplementasikan ke dalam sebuah multimedia. MIDI sendiri adalah bentuk
konversi dari suara yang disimpan ke dalam bentuk numerik (Vaughan, 2011,
p134).
3.Gambar
Ada dua jenis gambar yang dapat
dihasilkan oleh komputer menurut Vaughan (2011, p70), yaitu:
‐Bitmap
yaitu sebuah gambar yang dibentuk
dari sebuah matriks yang terdiri dari titik-titik warna. Variasi warna di dalam
gambar bitmapditentukan dengan bit yang ditampilkan, dimana n-bitgambar bitmap memiliki
2n macam warna (Vaughan, 2011, pp71-72).
‐Vector drawing
adalah gambar yang dihasilkan dari
perhitungan koordinat Carthesian oleh komputer yang biasanya digunakan untuk
menghasilkan bentuk garis, persegi, lingkaran, oval, dan polygon(Vaughan, 2011,
p80).
Menurut Dastbaz (2003, p58), secara
umum gambar dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
‐Colour graphics: gambar-gambar yang merepresentasikan warna
dalam bentuk bit
‐Gray Scale graphics: gambar yang terdiri dari warna-warna di
antara warna hitam dan putih yang direpresentasikan ke dalam berbagai tingkat
kedalaman warna
‐Mono graphics: gambar yang hanya mengandung warna hitam dan
putih saja.
4.Video
Penggunaan video di dalam sebuah
presentasi multimedia dapat menjadi sebuah media penyampaian pesan maupun
informasi yang sangat efektif. Dalam sebuah proyek multimedia, penggunaan video
dapat meningkatkan penyampaian pesan kepada pengguna secara efektif dan
pengguna akan lebih mengingat apa yang telah mereka saksikan (Vaughan, 2011,
p164). Video sendiri dapat didefinisikan sebagai penggabungan yang halus dari
gambar yang bergerak dan suara (Dastbaz, 2003, p62).
5.Animasi
Animasi merupakan sumber utama dari
sebuah aksi multimedia yang dinamis di dalam sebuah presentasi multimedia.
Animasi sering digunakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak terlalu
banyak memerlukan interaksi penggunanya sehingga presentasi tersebut akan
mengalir berjalan seperti sebuah film. Animasi juga digunakan dalam membantu
sebuah presentasi,
seperti efek transisi slidedan lainnya
(Vaughan, 2011, p140).Ada tiga bentuk animasi yang dijelaskan oleh Vaughan
(2011, pp142-143), yaitu:
- Animasi 2D adalah animasi yang
paling mudah dibuat, dan y pada sumbu Carthesian.
- Animasi 2½ D adalah animasi 2D
yang diberikan tambahan sebuah ilusi sumbu z dengan cara menambahkan efek
bayangan pada gambar, tetapi secara keseluruhan gambar itu sendiri tetap pada
bidang datar dua dimensi.
- Animasi 3D adalah bentuk ruang
virtual yang memiliki 3 dimensi dan pergerakan objeknya dapat melalui tiga sumbu
yaitu sumbu x, y, dan z, sehingga seolah-olah objek tersebut bergerak ke kiri,
kanan, atas, bawah, dan menjauhi serta mendekati penontonnya
KESIMPULAN
Multimedia
merupakan alat bantu unutk berkomunikasi maupun menyebarkan informasi.Dengan
memanfaatkan elemen-elemen multimedia berkomunikasi semakin efektif dan
atraktif. produk
multimedia dan dapat membantu visualisasi pada bidang industri, konstruksi,
kesehatan dan lain lain.
Anonymous,27 februari 2016,http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00141-if%20bab%202.pdf
Anonymous,27
februari 2016, http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html
Anonymous ,27 februari 2016, http://www.mandalamaya.com/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli-informatika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar