Pages

Elemen-Elemen Multimedia

Rabu, 16 Maret 2016


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Multimedia merupakan suatu sarana komunikasi yang mempunyai beberapa elemen. Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai diberi kebebasan atau kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut. Manusia memanfaatkan elemen multimedia tersebut untuk memberikan informasi secara baik dan interaktif dan mempermudah berkomunikasi.

1.2  Rumusan Masalah
1.Apa saja elemen-elemen multimedia?
2.Apa fungsi dari elemen-elemen multimedia?
3.Apa saja contoh yang di hasilkan oleh elemen-elemen multimedia?

1.3 Tujuan
     1.Dapat menjelaskan elemen-elemen multimedia
     2.Dapat menjelaskan fungsi elemen-elemen multimedia
     3.dapat menjelaskan contoh yang di hasilkan oleh elemen-elemen multimedia


BAB II
DASAR TEORI
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Manfaat Multimedia
Dengan adanya multimedia maka sebuah informasi bisa disajikan dalam bentuk yang lebih menarik dan sekaligus dapat mempermudah pengguna dalam memahami informasi tersebut. Terdapat sebuah penelitian tentang multimedia yang telah dilakukan oleh Computer Technology Research, hasilnya adalah seseorang hanya dapat menangkap 20% informasi dari apa yang dia lihat, dan 30% dari apa yang mereka dengar. Lalu jika informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk multimedia maka seseorang akan menangkap informasi tersebut sebanyak 50% hingga 80% setelah pada waktu yang sama dia melihat, mendengar, sekaligus berinteraksi. Berikut ini kami tampilkan manfaat lain daripada multimedia:
  • Dapat meningkatkan aliran gagasan sebuah informasi
  • Merupakan salah satu cara yang kaya untuk menyampaikan sesuatu
  • Mendorong pengguna untuk terlibat dan mengeksplorasi informasi tersebut
  • Menstimulasi seluruh alat indra
  • Memudahkan pengguna awam dalam penggunaan
  • Dapat menarik pengguna untuk memperlajari lebih jauh tentang informasi yang disampaikan


Elemen-Elemen Multimedia
Multimedia merupakan suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Pada kenyataannya multimedia merupakan gabungan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen dalam pembentukan multimedia. Elemen-elemen dalam multimedia ialah teks, gambar, suara, dan animasi.



BAB III
PEMBAHASAN
2.1. Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
1.Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
  1. Media teks/tulisan
  2. Media audio/suara
  3. Media video
  4. Media animasi
  5. Media gambar
  6. Media Interaktif
  7. Media spesial effect
 2. Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
  1. TV
  2. Radio
  3. Film
  4. Media Cetak
  5. Musik
  6. Game
  7. Entertainment
  8. Tutorial
  9. Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan olehComputer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

2.2 Elemen Multimedia

Lima Elemen utama multimedia menurut Vaughan (2011, p1) adalah:

1.Teks

Teks sudah digunakan selamaribuan tahun oleh manusia untuk berkomunikasi. Tetapi sebuah kata dapat memiliki banyak arti, sehingga kata-kata yang digunakan haruslah singkat, padat, dan tepat sehingga pesan dan datadapat disampaikan dengan baik. Teks umumnya digunakan untuk
merancang judul, menu, dan buttons(Vaughan, 2011, p20).Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh perancang multimedia dalam menggunakan teks menurut Dastbaz (2003, p56) yaitu:

-Penggunaan fontyang berbeda akan tampak berbeda di beberapa platform
-Penggunaan tipe fontyang khusus membutuhkan pengaturan tertentu pada mesin user
-Dibutuhkan keseimbangan yang tepat antara ukuran teks, warna, dan efek khusus seperti anti-alias, dimana teks akan secara halus menyatu dengan backgroundnya

2.Suara

Penggunaan suara dalam multimedia dapat menghasilkan sebuah perbedaan dari presentasi
multimedia yang biasa dengan presentasi multimedia yang professional. Walaupun begitu, penggunaan suara yang tidak pada tempatnya dapat merusak presentasi tersebut. (Vaughan, 2011, p104). Ada dua macam suara yang biasa digunakan di dalam multimedia, yaitu:

Digital Audio
Digital audioadalah hasil konversi dari gelombang suara yang disimpan ke dalam informasi berbentuk bitsatau bytes. Proses konversi ini disebut digitizing. Kualitas dari hasil digitizingini bergantung pada seberapa sering sampel yang diambil atau disebut juga sampling ratedan berapa banyak angka yang digunakan untuk merepresentasikan tiap-tiap sampel, atau disebut juga dengan bitdepth (Vaughan, 2011, p106).

MIDI
MIDI adalah singkatan dari Musical Instrument Digital Interface, merupakan jenis suara yang paling mudah diimplementasikan ke dalam sebuah multimedia. MIDI sendiri adalah bentuk konversi dari suara yang disimpan ke dalam bentuk numerik (Vaughan, 2011, p134).

3.Gambar
Ada dua jenis gambar yang dapat dihasilkan oleh komputer menurut Vaughan (2011, p70), yaitu:

Bitmap
yaitu sebuah gambar yang dibentuk dari sebuah matriks yang terdiri dari titik-titik warna. Variasi warna di dalam gambar bitmapditentukan dengan bit yang ditampilkan, dimana n-bitgambar bitmap memiliki 2n macam warna (Vaughan, 2011, pp71-72).

Vector drawing
adalah gambar yang dihasilkan dari perhitungan koordinat Carthesian oleh komputer yang biasanya digunakan untuk menghasilkan bentuk garis, persegi, lingkaran, oval, dan polygon(Vaughan, 2011, p80).

Menurut Dastbaz (2003, p58), secara umum gambar dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

Colour graphics: gambar-gambar yang merepresentasikan warna dalam bentuk bit
Gray Scale graphics: gambar yang terdiri dari warna-warna di antara warna hitam dan putih yang direpresentasikan ke dalam berbagai tingkat kedalaman warna
Mono graphics: gambar yang hanya mengandung warna hitam dan putih saja.

4.Video

Penggunaan video di dalam sebuah presentasi multimedia dapat menjadi sebuah media penyampaian pesan maupun informasi yang sangat efektif. Dalam sebuah proyek multimedia, penggunaan video dapat meningkatkan penyampaian pesan kepada pengguna secara efektif dan pengguna akan lebih mengingat apa yang telah mereka saksikan (Vaughan, 2011, p164). Video sendiri dapat didefinisikan sebagai penggabungan yang halus dari gambar yang bergerak dan suara (Dastbaz, 2003, p62).

5.Animasi

Animasi merupakan sumber utama dari sebuah aksi multimedia yang dinamis di dalam sebuah presentasi multimedia. Animasi sering digunakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak terlalu banyak memerlukan interaksi penggunanya sehingga presentasi tersebut akan mengalir berjalan seperti sebuah film. Animasi juga digunakan dalam membantu sebuah presentasi,
seperti efek transisi slidedan lainnya (Vaughan, 2011, p140).Ada tiga bentuk animasi yang dijelaskan oleh Vaughan (2011, pp142-143), yaitu:

- Animasi 2D adalah animasi yang paling mudah dibuat, dan y pada sumbu Carthesian.
- Animasi 2½ D adalah animasi 2D yang diberikan tambahan sebuah ilusi sumbu z dengan cara menambahkan efek bayangan pada gambar, tetapi secara keseluruhan gambar itu sendiri tetap pada bidang datar dua dimensi.
- Animasi 3D adalah bentuk ruang virtual yang memiliki 3 dimensi dan pergerakan objeknya dapat melalui tiga sumbu yaitu sumbu x, y, dan z, sehingga seolah-olah objek tersebut bergerak ke kiri, kanan, atas, bawah, dan menjauhi serta mendekati penontonnya



KESIMPULAN

Multimedia merupakan alat bantu unutk berkomunikasi maupun menyebarkan informasi.Dengan memanfaatkan elemen-elemen multimedia berkomunikasi semakin efektif dan atraktif. produk multimedia dan dapat membantu visualisasi pada bidang industri, konstruksi, kesehatan dan lain lain.


                                                                    DAFTAR PUSTAKA

Anonymous,27 februari 2016,http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00141-if%20bab%202.pdf
Anonymous ,27 februari 2016, http://www.mandalamaya.com/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli-informatika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS